Handicraft Center kok judulnya 'Pondok Dahar Lauk Jogja'? Mmmm... nama memang tidak perlu literally nyambung, kan? Bisa karena kami memang berasal dari Jogja, bisa juga karena memang pusat hobi kami ini dirintis dari rumah makan mungil kami, Pondok Dahar Lauk Jogja (back to 2011)...
However, pusat hobi kami ini berkarya dalam aneka handicraft
Jogja seperti bambu ulir cendani, vas & meja set gerabah Kasongan, vas kayu minimalis, serta rupa-rupa handicraft yang tak mesti berlabel 'Jogja' semisal bunga rangkai aneka jenis, ranting hias, lukisan bunga, pigura 3D, serta buah & pohon topiary artificial.
Pokoknya Jogja and Florist Enthusiast untuk Anda yang berkediaman di Bekasi dan sekitarnya...

Untuk navigasi cepat ke 'KATALOG UPDATE TERAKHIR' kami, klik di sini...

header gambar laukkita

Hot Items

HOT ITEMS :
* Handicraft Bambu Ulir : Bambu Ulir Cendani Aneka Model
* Handicraft Vas Gerabah : Vas Gerabah Aneka Model
* Handicraft Ranting Hias : Ranting Inul Aneka Model

Rabu, 13 Januari 2016

Tahu Susu Lembang, Lekker Zeg!

Tahu Susu Lembang berlokasi di Jl. Raya Lembang no. 177, sebelum pertigaan Jl. Grand Hotel Lembang dari arah Bandung. Dengan lokasi ini, Tahu Susu Lembang tampaknya cocok diposisikan sebagai tujuan penutup wisata kita di Lembang sebelum kembali ke arah Bandung. So, kami pun menjadikan Tahu Susu Lembang sebagai spot terakhir dalam rangkaian jalan-jalan kami ke Lembang tanggal 10 Jan 2016 lalu.
Tahu Susu Lembang merupakan rumah produksi tahu susu yang telah berdiri sejak Des 2008. Keunikan tahu susu adalah adanya tambahan susu sebagai salah satu campuran bahan baku, selain tentunya kacang kedelai pilihan. Pengunjung juga bisa melihat-lihat langsung proses pembuatan tahu susu yang sehat, bergizi, dan higienis tanpa bahan pengawet ini di 'open kitchen' yang disediakan. Untuk jenis tahu kuning, digunakan hanya bahan pewarna alami yaitu kunyit. 
Oke, kembali ke acara jalan-jalan kami, setelah puas berfoto selfie di Kebun Begonia Lembang (detil artikel tentang Kebun Begonia bisa klik di sini...), kami menuju ke Tahu Susu Lembang. Seperti biasa, sore itu jalan raya di depan Pasar Lembang (Jl. Pasar Baru)  tersendat hingga ke pertigaan Grand Hotel. Di depan Pasar Lembang terdapat gerai KFC yang menurut survey kami merupakan satu-satunya restoran fast food populer di area Lembang yang menyediakan layanan antar. Kami telah mencoba menggunakan fasilitas layanan antar KFC Lembang ini untuk memesan menu ayam goreng kesukaan anak-anak (ketika itu delivery ke Rumah Bunga Rizal). Anda bisa menghubungi KFC Lembang di nomor 0877.75189129. Nah, selepas belok kiri di pertigaan Grand Hotel, lalu lintas ke arah bawah lebih lancar. Tak jauh dari pertigaan ini kita belok kanan untuk masuk ke area Tahu Susu Lembang. 

 Setelah masuk ke area parkir Tahu Susu Lembang (dari jalan raya, gerbang masuk ini terlihat seperti SPBU), kita bisa memarkir mobil di luar seperti tampak pada foto, atau di dalam (kiri); terdapat sebuah food truck Rumah Sosis Bandung berwarna merah eye catching di sini. Truck ini berada tepat di depan Season Factory Outlet (kanan)
 
 Bagian dalam food truck Rumah Sosis (kiri); es lilin rasa es krim yang menurut kami rasanya agak out of the box (kanan)
 
 Dari area parkir luar kita bisa saja belok kiri ke arah area parkir dalam. Kapasitas mobil di parkir dalam juga banyak. tetapi jika sudah masuk ke dalam, kita tidak bisa keluar langsung ke Jl. Raya Lembang, melainkan diarahkan untuk keluar ke Jl. Raya Lembang via Jl. Hortikultura (kiri); terdapat mushalla yang cukup besar dan nyaman di seberang area parkir dalam (kanan)

 Belanja di dalam Bangunan Utama Resto & Pabrik Tahu Susu Lembang (atas kiri & kanan)

Dari gerai belanja tahu, jika kita terus bergerak ke dalam, kita akan tiba di Food Hall (kiri); gerobak-gerobak yang menyediakan aneka jajanan dan makanan yang maknyuss di Food Hall ini (kanan)

 Ketika bersantap di Food Hall, kita bisa memilih duduk di meja makan biasa atau lesehan (kiri); Bangunan Utama Resto & Pabrik Tahu Susu Lembang dilihat dari luar (kanan)

Di seberang bangunan utama, berjejer galeri/art shop menjajakan lukisan, suvenir, dsb. (kiri); harga tiket permainan anak (kanan)

 
 Aneka permainan anak di sini umumnya berbayar

Di dalam bangunan utama terdapat sebuah ATM BCA. Jika kita masuk ke pintu di sebelah kanan ATM, kita akan masuk ke dalam Pabrik Tahu Susu. Pengunjung dapat memanfaatkan 'open kitchen' ini untuk melihat-lihat, mempelajari, serta bertanya ini-itu seputar pembuatan tahu susu. Petugas akan menerangkan segala sesuatunya pada pengunjung.


Jangan kaget jika merasakan bahwa temperatur di dalam pabrik susu ini lumayan panas. Wajar saja karena di sini terdapat beberapa drum stainless steel berisi air kedelai panas. Kurang jelas dari mana sumber panas drum-drum tersebut, apakah elemen pemanas listrik atau tungku gas. Yang jelas air kedelai memang harus dipanaskan agar mudah diproses menjadi tahu susu.
pengunjung melihat proses pembuatan tahu susu
Proses pembuatan tahu susu berawal dari perendaman kedelai selama sekitar 4 jam. Kedelai yang telah direndam kemudian dicuci, lalu digiling dengan mesin penggiling (prosesnya kurang lebih sama dengan blender). Kacang kedelai halus setelah itu direbus dalam air mendidih selama sekitar 1 jam sambil terus diaduk, kemudian disaring dengan kain untuk memisahkan ampas dan sari kedelai. Lalu sari kedelai dicampur dengan susu, mentega, garam, dan asam cuka hingga merata, setelah itu diendapkan sampai menggumpal. Proses penggumpalan ini sangat menentukan berhasil-tidaknya pembuatan tahu susu. Gumpalan sari kedelai yang terbentuk kemudian dituang ke dalam cetakan, lalu dipres selama sekitar 1 jam. Setelah itu tahu susu yang telah berbentuk lembaran tebal diangkat dari cetakan, kemudian dipotong-potong. Terakhir, potongan tahu susu ini direbus kembali selama sekitar 10 menit, lalu ditiriskan. Kunyit dapat saja ditambahkan untuk memberi kesan warna kuning.

Manfaat Tahu Susu :
Produk Pigura 3D aneka bunga, detil klik di sini...
  • Protein kedelai dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan cara menurunkan LDL (kolesterol jahat) tanpa mengurangi HDL (kolesterol baik).
  • Kandungan zat besi dalam tahu susu digunakan tubuh untuk membentuk hemoglobin dalam darah.
  • Zat fitoestrogen dari kedelai membantu menjaga keseimbangan hormon estrogen, serta mengurangi frekuensi dan gejala rasa panas pada perut yang terutama diderita oleh wanita menopause.
  • Kandungan kalsium dalam tahu susu membantu mengurangi gejala osteoporosis, pelemahan tulang, dan rheumatoid arthritis.
  • Zat isoflavon dapat memperkuat densitas (kepadatan) tulang. 
  • Protein kedelai membuat kita tidak lekas merasa lapar sehingga membantu menurunkan berat badan dengan menu diet rendah kalori seperti ini.


Baca juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar