Handicraft Center kok judulnya 'Pondok Dahar Lauk Jogja'? Mmmm... nama memang tidak perlu literally nyambung, kan? Bisa karena kami memang berasal dari Jogja, bisa juga karena memang pusat hobi kami ini dirintis dari rumah makan mungil kami, Pondok Dahar Lauk Jogja (back to 2011)...
However, pusat hobi kami ini berkarya dalam aneka handicraft
Jogja seperti bambu ulir cendani, vas & meja set gerabah Kasongan, vas kayu minimalis, serta rupa-rupa handicraft yang tak mesti berlabel 'Jogja' semisal bunga rangkai aneka jenis, ranting hias, lukisan bunga, pigura 3D, serta buah & pohon topiary artificial.
Pokoknya Jogja and Florist Enthusiast untuk Anda yang berkediaman di Bekasi dan sekitarnya...

Untuk navigasi cepat ke 'KATALOG UPDATE TERAKHIR' kami, klik di sini...

header gambar laukkita

Hot Items

HOT ITEMS :
* Handicraft Bambu Ulir : Bambu Ulir Cendani Aneka Model
* Handicraft Vas Gerabah : Vas Gerabah Aneka Model
* Handicraft Ranting Hias : Ranting Inul Aneka Model

Kamis, 26 Januari 2017

Regar Orchids Ciwidey : Wisata Anggrek dan Petik Strawberry

Berada di dataran tinggi Ciwidey, tepatnya di Jl. Raya Ciwidey-Patengan Km.5 No.730, Regar Orchids yang secara administratif termasuk ke dalam wilayah Kampung Cilastari, Desa Alam Endah ini menyuguhkan 2 jenis menu wisata utama, yaitu petik strawberry dan budidaya anggrek. 
Selain itu terdapat beberapa sajian lain yang juga dikembangkan tempat ini seperti budidaya ikan mas koki, tanaman sukulen dan beberapa jenis lainnya, serta hidangan andalan gulai itik hijau yang pedasnya maknyuss, pas untuk memadamkan kelaparan di dataran tinggi seperti Ciwidey ini.
Terletak di sebelah kanan jalan (dari arah Bandung), tempat ini mudah dikenali dari plang bertuliskan 'KM 5' dan 'No. 730' berwarna hijau tepat di depan gerbang masuknya. Ancer-ancer Regar Orchids jika kita berjalan dari arah Bandung adalah setelah Masjid Jami' Al Huda Cikareo, dan simpangan ke arah Curug. Objek Wisata Alam Kawah Putih terletak sekitar 5 km dari Regar Orchids ke arah barat daya (Situ Patengan).
Langsung saja arahkan kendaraan Anda ke dalam, terdapat 2 area parkir tepat di dalam gerbang dan satu lagi agak ke atas yang biasanya digunakan jika area parkir di bawah penuh.
Bangunan utama berlantai 3 terdapat di sebelah kanan jalan masuk (foto di bawah). Kita bisa duduk-duduk di kursi yang disediakan di sini untuk langsung memesan gulai itik hijau, atau mungkin melihat-lihat dulu koleksi ikan mas koki yang dijual di dalam akuarium-akuarium yang berjejer, atau bisa juga shalat duha dulu di mushalla yang bersih dan cukup luas di lantai dasar gedung ini. Ikan mas koki sudah dikelompokkan berdasarkan harga, jenis, dan ukurannya di dalam masing-masing akuarium. Harganya relatif sih. Mas koki ukuran kecil hingga sedang berkisar antara Rp. 10.000 hingga Rp. 50.000/ekor saja. Tetapi ada juga mas koki spesial yang dijual hingga Rp. 300.000/ekor.


Naik sedikit ke arah belakang, terdapat beberapa rumah hijau seperti yang ditunjukkan foto di sebelah kiri. 
Rumah hijau di sebelah kanan jalan berisi kolam budidaya ikan mas koki dan beberapa jenis ikan hias air tawar lainnya, serta kebun strawberry. Sedangkan rumah hijau di sebelah kiri jalan berisi tanaman sukulen dan anggrek.
Beberapa orang staf Regar Orchids tampak menyapu area kebun. Ada juga yang terlihat sibuk menyirami kebun strawberry dan tanaman lain dengan gembor. Namun patut dipahami bahwa tidak setiap saat kebun strawberry Regar Orchids (atau kebun strawberry mana pun di seputaran Ciwidey dan Lembang) dapat dipetik buahnya. 
Tergantung masa panen, jika saat kita datang qadarullah sedang siap petik, maka kita bisa berwisata petik strawberry. Jika kebun sednag tidak dalam masa penen, maka memang kitatidak bisa memetik strawberry langsung. Tetapi Regar Orchids biasanya memiliki stok strawberry yang telah dipanen di kulkas mereka. Kita bisa memesan juice strawberry yang akan diblender langsung dari stok strawberry di sini, atau membeli untuk dibawa pulang sebagai buah tangan. Regar Orchids melakukan panen strawberry siap panen meski sedang tak ada pengunjung, agar buah matang tersebut tidak busuk atau terbuang sia-sia.
Pengunjung yang ingin ber-strawberry walk di dalam kebun rumah hijau harus di data dulu, lalu membayar tiket Rp. 15.000/orang. Strawberry yang dipetik tidak boleh langsung dimakan ya, harus dimasukkan dulu ke dalam keranjang untuk kemudian ditimbang. Harga yang dibayar adalah sesuai berat strawberry yang dipanen.

Kebun strawberry yang luas di Regar Orchids, tempat melakukan strawberry walk yang nyaman...

Strawberry siap petik di sini ranum dan gendut-gendut...

Jejeran kolam-kolam budidaya ikan mas koki dan beberapa jenis ikan hias air tawar lainnya, tepat berada di samping rumah hijau berisi kebun strawberry.

Kebun sukulen dan beberapa jenis tanaman hias lain terdapat di rumah hijau sebelah kiri jalan. Harganya variatif, mulai dari belasan ribu rupiah, tergantung jenis dan ukuran tanaman.

Kolam besar berisi ikan nila (CMIIW). Kami ingat bahwa pada saat pertama kali datang ke tempat ini pada tahun 2006 lalu kolam ini juga berisi ikan-ikan mas koki ukuran super-super jumbo, dan keadaan kolamnya lebih rapi. Dulu pengunjung bisa memberi makan ikan koki di sini dengan pelet ukuran jumbo pula....

Regar Orchids mengembangkan aneka spesies anggrek kualitas juara, meliputi genus Phalaenopsis (anggrek bulan) seperti dari spesies-spesies Phalaenopsis javanica, Bulbophyllum carunculatum, Phalaenopsis gigantea, Phalaenopsis amboinensis, aneka jenis anggrek kecil-kecil yang berbentuk 'aneh' dari genus Paphiopedilum (anggrek Papua) dan masih banyak lagi lainnya. 
Anggrek-anggrek yang dibudidayakan di sini berasal dari hutan-hutan seluruh Indonesia, termasuk Papua dan Kalimantan.
Tak hanya anggrek alami, Regar Orchids milik Bpk. Sjahrizal Siregar ini juga melakukan hibrida antar anggrek untuk menghasilkan varian anggrek baru yang memiliki sifat-sifat unggul, baik dari segi warna, bentuk, ukuran, maupun aroma bunganya. 
Di sini ternyata juga terdapat koleksi anggrek anomali alias tak lazim. Contohnya anggrek dari spesies Paphiopedilum victoria-reginae yang memiliki 5 kuntum bunga pada batang yang sama, sedangkan biasanya hanya 2 kuntum tiap batang.
Koleksi anggrek Regar Orchids terbilang amat lengkap. Pemenang piala Bupati Bandung dalam Bandung Orchid Show ini memiliki aneka jenis anggrek epifit (menempel di pohon), terestrial (hidup di atas tanah), hingga anggrek hutan yang sudah langka. Salah satu misi tempat ini memang untuk melestarikan kekayaan hayati anggrek dari kepunahan.

Sedikit kembali ke hal strawberry yang tampaknya kini menjadi jualan utama Regar Orchids, buah ini memang bukan asli Indonesia. Buah berwarna merah berbintik-bintik putih kekuningan yang konon berasal dari Amerika ini mulai dikenal warga Ciwidey pada pertengahan 1990-an. 

Koleksi anggrek bulan Regar Orchids
Perawatan tanaman perdu ini tergolong tidak begitu sulit. Hal ini didukung pula oleh iklim Ciwidey yang sesuai bagi perkembangannya, membuat strawberry banyak dibudidayakan petani di daerah ini.
Perawatan tanaman strawberry yang terbilang mudah diamini oleh petani Ciwidey yang mengaku cukup memberi pupuk sekali tiap pekan, dan menyiram jika tanah terlihat kering. Dari total sekitar 19 varietas strawberry yang dikenal di dunia, 4 spesies banyak dibudidayakan di Ciwidey yaitu Fragraria nilgerrensis (strawberry nyoho), strawberry Holland, Fragraria vesca (strawberry California), dan Fragraria ananassa (strawberry ananassa).
Di antara 4 spesies tadi, yang menjadi primadona wisata strawberry walk adalah jenis Holland yang rasanya asam-manis-segar, California yang berbentuk bulat dan gendut (banyak ditemui di Regar Orchids, CMIIW), serta Ananassa yang berbentuk lonjong dan lebih manis.
Sebagai informasi penutup, Regar Orchids dapat dihubungi di nomor telepon (022)5928341.

Video Tutorial Merangkai Anggrek Youtube


Tidak ada komentar:

Posting Komentar